fbpx

Petingnya Networking Bagi Mahasiswa Untuk Karir

Hi Sobat Tibra!

Kamu pernah dengar istilah networking?

Meskipun networking ini identik dengan dunia kerja, tapi membangun network saat kuliah juga penting banget loh, guys!

Networking adalah tentang membangun dan memelihara hubungan akademis atau profesional, baik dengan teman atau acquaintance. Kegiatan ini bukanlah hanya untuk yang sudah bekerja, karena juga banyak manfaatnya bagi yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa. Data dari Statista Research Development menunjukkan bahwa di platform online networking LinkedIn, pengguna berumur 18-24 tahun adalah kelompok usia kedua dengan jumlah pengguna yang paling tinggi, berkisar 19.6% dari jumlah seluruh pengguna.

So, kenapa sih harus mulai mengembangkan network sedini mungkin? Banyak mahasiswa yang memulai perkuliahan tanpa mengetahui tentang apa yang akan mereka lakukan dengan jurusan mereka dan karier seperti apa yang ingin mereka jalankan. Nah, disinilah manfaat dari networking: untuk mengenal lebih dalam tentang jurusan yang akan diambil dan berbagai penerapan jurusan itu pada masa depan kita.

Sebagai contoh, sekarang Nabila akan memulai semester pertama di jurusan Sastra Inggris, apa sih opsi yang Nabila miliki dengan gelar Sarjana yang ia dapat? Atau, yang paling simpel, bagaimana sih cara belajar yang paling efektif di jurusan ini? Bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan, tapi kita juga bisa berdiskusi dengan orang-orang seperti kita tentang apa masa depan yang kita inginkan dan bagaimana kita bisa mencapai tujuan itu di masa depan.

Kalo mau memperluas network bukannya harus datang ke acara dan bertemu banyak orang ya? Duh, malu ah! Pertanyaan seperti ini adalah pertanyaan yang sering dipikirkan oleh banyak orang. Tapi, sebenarnya, gak cuma ini loh metode yang bisa kita lakukan untuk membangun network! Berikut beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk bersosialisasi, entah dengan teman sebaya atau dengan yang lebih senior.

Mulai dari teman sebelah di kelas-kelas yang kamu ambil

Buat kamu yang mau kuliah di luar negeri, kemungkinan besar teman-teman yang duduk di sebelah kamu di kelas yang akan kamu ambil adalah orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang sama. Ada kemungkinan mereka telah memilih jurusan yang sama atau mempunyai keinginan yang sama untuk mengetahui bidang yang akan dipelajari di kelas tersebut.

Ini adalah cara yang paling mudah untuk networking; pasti kalian akan sering bertemu dan belajar bersama untuk kelas itu! Memiliki ketertarikan yang sama adalah salah satu indikasi paling penting terhadap sifat dan karakter seseorang. Kamu bisa memulai obrolan dengan membicarakan hal-hal yang menarik yang kamu temukan di kelas tersebut. Ini merupakan cara yang efektif loh, Sobat Tibra!

Bertemu dengan profesor di office hour atau acara networking

Di Indonesia maupun di luar negeri, profesor adalah salah satu expert di jurusan yang kita pilih, yang telah mempelajari dan bekerja di bidang itu selama bertahun-tahun. Dengan berbicara dengan mereka, kita bisa mengetahui segala pengalaman yang telah mereka lalui—dalam beberapa menit! Menarik, bukan? Buat kamu yang akan kuliah di luar negeri, jangan malu-malu untuk mengunjungi professor kamu pada jam kerja.

Di budaya akademik negara Barat, mengunjungi professor saat jam kerja merupakan hal yang biasa dan sang professor akan sangat mengapresiasi usaha kamu untuk menemuinya. Di luar office hour, banyak universitas dan institusi yang sering mengadakan acara networking. Salah satu contoh adalah acara wine and cheese, yang diadakan oleh Departemen Ekonomi di McGill University setiap semester. Kalau kamu memilih untuk mengunjungi professor pada jam kerja, pastikan kamu sudah cek peraturan office hour mereka, ya!

Online networking

Kamu masih malu buat berbincang dengan teman-teman sekelas atau profesor yang sibuk? Atau, kadang-kadang, kamu belum menemukan orang-orang sesuai dengan ketertarikan dan tujuan kamu? No worries! Di era informasi dan teknologi ini, sudah ada beberapa platform yang menyediakan cara untuk networking dengan berbagai macam orang di seluruh dunia tanpa harus bertatap muka. Salah satunya adalah di website LinkedIn, di mana kita bisa mencari para profesional atau pelajar di bidang-bidang yang berbeda. Banyak yang memilih opsi ini, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang menghalangi pertemuan langsung.

Kamu juga bisa join telegram Pelajar Tibra yang berisi ribuan orang yang mempersiapkan pendidikan mereka di luar negri.

Itulah beberapa manfaat dan cara melakukan networking sebagai mahasiswa atau pelajar. In the end of the day, networking tidak seharusnya dianggap sebagai tantangan, seperti untuk kita agar menjadi lebih extroverted. Dengan memiliki network yang baik, ini adalah jalan dan kesempatan untuk berteman dengan orang-orang yang punya ketertarikan yang sama ataupun yang sangat berbeda, di mana kedua-duanya akan memberikan perspective yang baru dan menarik. Memiliki kelompok pergaulan yang bisa mendukung impian kita sangatlah penting karena mereka yang akan mempengaruhi kegiatan kita sehari-hari dan cara berpikir kita.

Ini bukan berarti kamu harus pilih-pilih teman, ya guys! Tapi kamu harus memastikan kalau teman-teman terdekat kamu adalah mereka yang bisa saling mendukung perkembangan personal, akademis, dan juga professional. Bukankah itu salah satu tujuan masuk dunia perkuliahan?

Ingin kuliah di luar negeri? Yuk konsultasikan persiapan kamu bersama Tibra Overseas Edu

Penulis: Irene Nabila Raisania

Statista Research Department. (2021, August 2). LinkedIn: distribution of global audiences, 2021, by age group. Statista. https://www.statista.com/statistics/273505/global-linkedin-age-group/.

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Linkdin
Share on Pinterest
Scroll to Top