Cara Yang Harus Diperhatikan Untuk Mendaftar Ke Universitas Luar Negeri

Hi Sobat Tibra!

Kamu punya rencana kuliah di luar negeri?

Untuk bisa masuk ke universitas di luar negeri, ada banyak dokumen yang perlu kamu siapkan, guys! Nah, kali ini Minti mau berbagi cara ampuh mendapatkan bisa diterima di kampus luar negeri.

  1. Mulailah riset lebih awal – Sobat Tibra pasti akan membutuhkan waktu untuk menemukan kampus dan jurusan yang tepat, melengkapi aplikasi yang dibutuhkan dan memenuhi persyaratan yang diminta oleh universitas tujuan di luar negeri nanti. Ingat, perhatikan deadline waktu pendaftaran ya Sobat Tibra!
     
  2. Baca persyaratan pendaftaran dengan cermat – jika Sobat Tibra memiliki pertanyaan, kamu bisa bertanya langsung kepada pihak universitas melalui email.
  • Atur materi aplikasi pendaftaran Sobat Tibra – buat file dengan rapi untuk setiap aplikasi dan ajukan sesuai batas waktu pendaftaran. Catat dokumen apa saja yang harus kamu lampirkan, tanggal-tanggal penting – tenggat waktu, tindak lanjut, serta wawancara. Hal ini membantu Sobat Tibra dalam mengatur waktu dalam mempersiapkan semua persyaratan pendaftaran.
  • Buatlah essay yang menarik dan kreatif. Untuk mendaftar ke universitas di luar negeri, kamu perlu melampirkan motivation letter yang berisi tentang alasan kamu memilih jurusan dan institusi tersebut. Dalam membuat motivation letter, kamu perlu menuliskan esai yang otentik dan menarik, sehingga bisa menarik perhatian pembaca untuk menerima di universitas tersebut.

  • Proofread! Bacalah kembali formulir pendaftaran dan dokumen pelengkap lainnya, seperti motivational letter dan research planning dengan cermat. Pastikan kamu sudah menggunakan tata bahasa, ejaan, sampai pilihan kosakata yang tepat.

Untuk menulis motivation letter, kamu perlu waktu yang cukup lama agar kamu bisa memeriksa dan memperbaiki tulisan kamu sebelum dikirimkan ke pihak universitas. Setidaknya minimal Sobat Tibra perlu 1 bulan untuk mempersiapkan essay motivation letter. Hal ini dikarenakan butuh ketelitian dalam menulis motivation letter, tidak hanya terkait dengan kosakata dan tata bahasa, tapi juga terkait bagaimana cara kamu mengembangkan ide dalam tulisan kamu.

Dalam tahap proofread ini, Sobat Tibra memerlukan orang yang lebih ahli untuk menilai esai yang sudah dibuat secara menyeluruh. Kamu bisa juga menghubungi tim Tibra Overseas untuk membantu kamu mengecek ulang hasil tulisan kamu. Tidak hanya itu, kamu juga bisa konsultasi langsung terkait bagaimana cara membuat motivation letter yang standout dan menarik.

Good luck!